[Skincare Review] L'Oreal Paris UV Perfect Matte & Fresh SPF 50 PA++++, Oily Skin Friendly Sunscreen

Januari 27, 2019

Hello fellas! Aku kembali lagi, resolusi tahun 2019 ini adalah hidup bahagia dan semoga aku semakin rajin mengurus konten baik di blog ini ataupun di instagram @garinisme.

By the way, siapa yang masih suka skip menggunakan sunscreen? Aku dulu juga termasuk dalam golongan ini, paling malas menggunakan sunscreen karena membuat wajahku semakin berminyak dan beranggapan bahwa menggunakan produk base-makeup yang memiliki kandungan SPF sudah cukup untuk melindungi kulit wajah. Seiring berjalannya waktu, sekarang aku tahu bahwa kandungan SPF pada base-makeup tidak memberikan perlindungan yang cukup untuk wajah kita. Padahal kita sering sekali beraktivitas di luar ruangan dan terpapar sinar matahari secara langsung.


Oleh karena itu, kita membutuhkan sunscreen agar terhindar dari efek jahat sinar matahari seperti kerutan/gejala penuaan dini, kulit terbakar, kulit menggelap, elastisitas kulit berkurang, atau yang paling berbahaya adalah kanker kulit. Selain itu, krim-krim yang kita gunakan untuk merawat hingga mencerahkan kulit wajah juga jadi tidak berguna karena kulit wajah tidak terlindungi dari sinar matahari. Salah satu produk sunscreen yang bisa kita gunakan untuk wajah, terutama untuk pemilik kulit berminyak, adalah UV Perfect Matte & Fresh dari L'Oreal Paris.

Product Description
UV Perfect Matte & Fresh adalah varian terbaru dari rangkaian produk sunscreen UV Perfect milik L'Oreal Paris yang hadir di Indonesia. Kehadiran produk ini melengkapi koleksi sunscreen lotion L'Oreal Paris sebelumnya yang terdiri dari UV Perfect Anti-Dullness, UV Perfect Transparent, UV Perfect Instant White, dan UV Perfect Aqua Essence. Berbeda dengan varian lainnya, UV Perfect Matte & Fresh diklaim sebagai sunscreen pertama yang memberikan hasil akhir matte sehingga kulit tidak terasa lengket dan bebas minyak. Sunscreen ini dilengkapi SPF 50 dan PA++++ untuk memberikan perlindungan pada kulit dari paparan sinar matahari. Selain itu, UV Perfect Matte & Fresh ini juga dilengkapi dengan advanced UV protector, oil-control formula, dan kandungan anti polusi yang cocok untuk digunakan di wilayah tropis seperti Indonesia. Produk ini mengklaim dapat melindungi kulit dari paparan UV dan polusi serta tetap matte bahkan hingga suhu 45°C dan kelembaban 80%.

Packaging


UV Perfect Matte & Fresh ini dikemas tidak berbeda jauh dengan varian sebelumnya yaitu dalam sebuah kotak kemasan berwarna biru mengkilat. Kotak kemasan ini berukuran 1.5 kali lebih besar dari barang yang ada di dalamnya. Pada sisi depan kotak kemasan terdapat bagian bening sehingga kita dapat melihat isi kotak kemasan tersebut. Pada sisi kiri dan belakang kotak kemasan dapat kita baca keterangan lengkap produk tersebut dalam tiga bahasa, yaitu Inggris, Thailand, dan Indonesia. Sementara pada sisi kanan kotak kemasan terdapat komposisi produk, berat bersih, batas pemakaian setelah produk dibuka, nomor BPOM, dan beberapa informasi tambahan.


Di dalam kotak kemasan tersebut dapat kita temukan UV Perfect Matte & Fresh dengan wadah berbentuk tube berwarna hijau dilengkapi tutup putar berwarna putih. Mulut wadah tempat keluarnya produk berbentuk runcing dengan diameter lubang yang kecil sekitar 1 mm. Kemasannya yang ringan dan praktis membuat produk ini sangat mudah untuk dibawa kemana-mana. Selain itu mulut wadah yang kecil membuat produk tidak mudah meluber kemana-mana.


Untuk desainnya sendiri menurutku cukup simple, menurutku malah tidak terkesan mahal. Di bagian depan tube terdapat nama produk dan keterangan formulanya, sementara di bagian belakang terdapat informasi cara penggunaan, batas pemakaian setelah produk dibuka, berat bersih, kode produksi, dan tanggal kedaluwarsa.

Ingredients


Ingredients: Aqua / Water, Glycerin, Alcohol Denat, Dimethicone, Ethylhexyl Salicylate, Propylene Glycol, Terephtalydene Dicamphor Sulfonic Acid, Silica, Titanium Dioxide, Triethanolamine, Drometrizole Trisiloxane, Phenylbenzimidazole Sulfonic Acid, Octocrylene, Ethylhexyl Triazone, Butyl Methoxydibenzoylmethane, Tromethamine, Stearic Acid, Potassium Cetyl Phosphate, T-Butyl Alcohol, Tocopherol, Phenoxyethanol, PEG-100 Stearate, Palmitic Acid, Ammonium, Polyacryloyldimethyl Taurate, Menthoxypropanediol, Sanguisorba Officinalis Root Extract / Ginger Root Extract, Cinnamomum Cassia Bark Extract, Kaolin, Carbomer, Myristic Acid, Disodium EDTA, Cetyl Alcohol, Butylene Glycol, Butyrospermum Parkii Seedcake Extract / Shea Seedcake Extract, Glyceryl Stearate.

Berdasarkan informasi dari halaman skincarisma, bahan kandungan pada produk ini memiliki fungsi dan tingkat keamanan seperti berikut.

Sumber : https://www.skincarisma.com/ingredient-analyzer
Kandungan yang ada di produk ini semuanya aman untuk digunakan, hampir semuanya termasuk dalam kategori low risk. Sesuai dengan klaimmnya, produk ini dilengkapi dengan Mexoryl yang terdiri dari Drometrizole Trisiloxane dan Terephthalylidene Dicamphor Sulfonic Acid yang berfungsi untuk menyerap sinar ultraviolet (UV). 

Selain dua bahan tersebut, ada 6 bahan lain yang berfungsi untuk memberikan perlindungan dari sinar UV, antara lain Ethylhexyl Triazone, Butyl Methoxydibenzoylmethane, Octocrylene, Phenylbenzimidazole Sulfonic Acid, Ethylhexyl Salicylate, dan Titanium Dioxide. Adanya bahan-bahan ini berguna untuk mencegah terjadinya penggelapan kulit, noda hitam, dan penuaan dini.


Selain itu, produk ini juga memiliki kandungan Detoxyl berupa Butyrospermum Parkii Seedcake Extract / Shea Seedcake Extract yang dikenal berguna sebagai anti polusi atau pelindung kulit dari partikel kecil sesuai dengan klaim yang disebutkan. 

Dari daftar bahan kandungannya, produk ini bisa dikatakan Paraben Free, EU Allergen Free, dan Sulfate Free, namun tidak Alcohol Free dan Silicone Free. Dalam produk ini bisa kita temukan tiga bahan yang termasuk jenis alkohol, yaitu Alcohol Denat, t-Butyl Alcohol, dan Cetyl Alcohol. Semuanya termasuk dalam jenis fatty alcohol yang berasal dari hasil olahan minyak tumbuhan atau hewan, kecuali Alcohol Denat

Alcohol Denat termasuk ethanol yang sifatnya melarutkan minyak dan cepat menguap, sehingga membuat kulit menjadi kering. Bagi pemilik kulit kering atau sensitif sebaiknya menghindari produk dengan kandungan ethanol yang dapat membuat kulit semakin kering dan iritasi. Walaupun memiliki kandungan Alcohol Denat, dalam produk ini dilengkapi 4 bahan lain yang berfungsi untuk mengkondisikan kulit agar tetap lembab, antara lain Glycerin, Propylene Glycol, Tocopherol, dan Butylene Glycol.


Produk ini memiliki beberapa bahan yang bersifat comedogenic atau bisa menyumbat pori-pori, diantaranya Dimethicone, Triethanolamine, Stearic Acid, Tocopherol (Vitamin E), Palmitic Acid, Myristic Acid, Cetyl Alcohol, dan Butylene Glycol. Bahan-bahan ini memiliki comedogenic rating antara 1 hingga 3 yang termasuk kategori low-moderate.  Bagi kalian yang memiliki jenis kulit oily atau acne-prone sebaiknya menghindari kosmetik dengan bahan yang memilki high comedogenic rating. Tapi karena pada produk ini comedogenic rating yang dimiliki masih termasuk kategori low-moderate sehingga seharusnya tidak begitu menjadi masalah.

Selain itu, pada produk ini dapat kita temukan satu-satunya bahan berbasis silikon, yaitu Dimethicone. Bahan ini biasanya dapat kita temukan pada produk pelembab atau primer. Dimethicone dapat membuat lapisan pelindung untuk menjaga kelembaban kulit serta membantu agar tekstur produk lebih halus saat diaplikasikan. Menurut pendapat Director of Cosmetic & Clinical Research in Dermatology di Mount Sinai Hospital, New York, Dimethicone sangat bermanfaat untuk pemilik kulit oily dan acne-prone karena sifatnya yang tidak terlalu menyumbat pori-pori dan dapat memberikan finish matte serta mengisi pori-pori kulit wajah.

Formula
Sunscreen UV Perfect Matte & Fresh ini memiliki tekstur krim yang cukup kental dengan warna putih tulang. Meskipun teksturnya cukup kental tapi sunscreen ini mudah untuk dibaurkan dan terasa nyaman di kulit. Setelah diaplikasikan ke wajah, produk ini akan cepat meresap dan tidak menimbulkan rasa lengket atau berminyak yang berlebihan. Selain itu produk ini juga tidak menimbulkan whitecast.


Menurutku saat menggunakan sunscreen ini rasanya seperti menggunakan primer, jadi wajah terasa lebih halus begitu. Karena memang produk ini memiliki bahan kandungan Dimethicone seperti yang dijelaskan sebelumnya. Untuk hasil akhir yang diberikan adalah matte, namun untuk mendapatkan hasil akhir ini butuh selang beberapa waktu. 

Walaupun produk ini hasilnya matte dan memiliki kandungan Alcohol Denat yang dapat membuat kulit menjadi kering, produk ini tetap mampu menjaga kelembapan kulit karena adanya penggunaan bahan lain seperti yang dijelaskan sebelumnya.


Ketika produk dicium akan terasa aroma bahan kimia, tapi sejujurnya bau ini tidak terlalu menyengat untukku. Jadi jika hidung benar-benar ditempelkan saja bau ini akan tercium. Aku sendiri tidak masalah dengan bau ini karena memang tidak terlalu mengganggu.

Experience
Aku biasanya menggunakan daily skincare sebelum beraktifikas diluar ruangan dengan urutan toner, pelembab, sunscreen. Jadi sunscreen ini aku gunakan paling akhir pada rangkaian daily skincare, baru setelah itu menggunakan makeup dan kawan-kawannya. Ternyata selain sebagai sunscreen, UV Perfect Matte & Fresh memang benar-benar bisa difungsikan sebagai primer. Karena setelah menggunakan UV Perfect Matte & Fresh ini makeup yang aku gunakan rasanya lebih menempel. 

Menurutku, untuk oil-controlnya jika dibandingkan dengan sunscreen yang sebelumnya aku gunakan bisa dikatakan lumayan. Sebenarnya untuk kulit wajahku yang berminyak ini masih belum cukup, aku masih membutuhkan bantuan tambahan dari no sebum powder dan blotting paper untuk menghindari wajah mengkilat karena minyak.

Untuk perbandingan, aku pernah menggunakan sunscreen berbeda, yaitu Skin Aqua UV Moisture Gel (A) dan L'Oreal Paris UV Perfect Matte & Fresh (B), pada dua sisi wajahku. Setelah itu aku gunakan untuk beraktivitas seperti biasa, mulai dari berangkat ke kantor jam 8 pagi naik ojol lalu tiba di kantor sekitar 30-40 menit kemudian dan dilanjutkan dengan aktivitas di dalam ruangan AC. Sekitar jam 11 siang aku coba cek dengan blotting paper dan hasilnya it impressed me!


Sejauh ini, UV Perfect Matte & Fresh ini tidak memicu munculnya jerawat baru di wajahku. Aku juga tidak merasakan perubahan yang berarti, seperti kulit menjadi kusam, dan sebagainya. 

Price 
Harga normal produk ini adalah Rp 99.000, tapi kebetulan dulu aku beli waktu ada diskon 30% di Sociolla jadi harganya cuma Rp 69.300.

Weight
30 ml



Pros
·   Hasilnya matte
·   Bisa digunakan sebagai sunscreen dan primer
·   Formula cepat meresap dan tidak lengket
·   Tidak menimbulkan whitecast
·   Tidak menyebabkan jerawatan
·   Kemasannya travel friendly

Cons
·   Ukurannya terlalu kecil, 99k hanya untuk 30 ml
·   Ada aroma kimianya

Overall
Sejauh ini, aku cukup puas dengan UV Perfect Matte & Fresh ini. Sunscreen ini bisa melindungi wajah dengan SPF 50 PA++++ serta membantu mengontrol minyak. Tidak hanya itu, UV Perfect Matte & Fresh ini juga mengandung Dimethicone sehingga bisa difungsikan sebagai primer. Walaupun tekstur krimnya kental tapi produk ini cepat meresap, tidak lengket, serta tidak menimbulkan whitecast. Hanya aroma bahan kimianya saja yang perlu dikurangi atau dihilangkan karena bisa mengganggu untuk sebagian orang. Terakhir yang paling penting adalah UV Perfect Matte & Fresh ini tidak membuat wajahku jerawatan ataupun berubah menjadi kusam.



Rating
·   Formula & texture : 4/5
·   Performance : 4/5
·   Price : 3.5/5
·   Design : 3.5/5

Overall rating : 3.75/5

You Might Also Like

0 komentar

Thanks for Visiting

Follow Us