[Makeup Review] Emina Creamatte 8 New Shades

September 20, 2018

Hello fellas! Ini adalah tulisan pertama yang aku bagikan di blog ini, sekaligus ulasan makeup pertama yang aku tulis. Berbicara soal makeup memang menjadi hal yang menarik bagi kaum hawa, terutama membahas lipstik yang dari hari ke hari semakin bervariasi. Tiap brand kosmetik berlomba-lomba untuk meluncurkan warna hingga varian baru untuk seri produk lipstiknya.



Bertepatan dengan Hari Lipstik Internasional pada 29 Juli lalu, salah satu brand lokal Indonesia, Emina Cosmetics, merilis delapan warna baru untuk melengkapi koleksi Creamatte-nya. Bagi para penggemar lipstik matte dan produk lokal pasti sudah tidak asing lagi dengan Emina Creamatte ini. Sebelumnya lip cream ini hadir dengan 7 warna cantik yang bisa digunakan sehari-hari dan membuat banyak orang jatuh cinta karena formulanya yang ringan.

Product Description
Emina Creamatte merupakan lip cream dari Emina yang memberikan sentuhan akhir matte yang intens. Lip cream ini dilengkapi dengan kandungan vitamin E yang membuatnya sangat mudah diaplikasikan di bibir sekaligus menjaga bibir agar tetap lembab.

Packaging
Kemasan koleksi terbaru dari Emina Creamatte kali ini masih sama seperti koleksi sebelumnya. Setiap orang yang melihat kotak kemasan Emina Creamatte pasti akan langsung jatuh cinta. Kotak kemasannya didesain dengan sangat manis, sesuai dengan jiwa remaja dan anak muda yang menjadi target pasar Emina Cosmetics.



Pada kotak kemasan dilengkapi tulisan CREAMATTE di bagian kanan dan kiri serta terdapat pattern di bagian depan yang menyesuaikan tema masing-masing shade. Warna dan desain kotak kemasan akan berbeda-beda menyesuaikan warna shade Emina Creamatte di dalamnya. Misalnya shade Baby Fox memiliki kotak kemasan berwarna peach bergambar kepala rubah yang lucu, atau shade Choco Puff memiliki kotak kemasan berwarna cokelat bergambar choco puff dengan cokelat yang meleleh yummy.

Pada bagian belakang kotak kemasan dapat kita lihat keterangan shade, keterangan produk, komposisi produk, barcode, produsen, berat bersih, dan nomor BPOM. Sementara keterangan produksi dan tanggal kedaluwarsa dapat dilihat pada bagian bawah kotak kemasan.


Di dalam kotak kemasan dapat kita temukan botol kemasan mini berbentuk tube berbahan plastik tebal dan bening. Desain botol kemasan seperti ini membuat Emina Creamatte ringan dan mudah untuk dibawa kemana-mana. Selain itu, sisa isi produk juga mudah untuk dilihat dari luar. Botol kemasan dilengkapi tutup berwarna hitam dengan simbol hati di bagian atas yang membuatnya terlihat manis. Tidak ketinggalan terdapat label varian warna di bagian bawah serta label CREAMATTE dan Emina di sisi botol kemasan.

Aplikatornya berbentuk doe foot dengan bentuk panjang dan ujung sedikit meruncing untuk meratakan produk ke seluruh bibir. Aplikator jenis ini merupakan aplikator favorit sejuta lip cream.

Ingredients


Ingredients: Cyclopentasiloxane, Isododecane, Trisiloxane, Caprylyl Methicone, Diisostearyl Malate, Trimethylsiloxysilicate, Synthetic Beeswax, Disteardimonium Hectorite, Aluminum Starch Octenylsuccinate, Propylene Carbonate, Silica Dimethyl Silylate, Cetyl Dimethicone, Tocopheryl Acetate, Propylparaben, Aluminum Hydroxide, Triethoxycaprylylsilane, Talc, Fragrance.
May contain: CI 77491, CI 77492, CI 77499, CI 77891, CI 15850:1, CI 15850, CI 15850:2, CI 42090.

Bahan kandungan dari koleksi baru Emina Creamatte ini sama dengan koleksi sebelumnya, hanya berbeda persentase penggunaan bahan kandungan. Hal ini bisa kita lihat dari perubahaan urutan bahan baku yang tertera pada kemasan, yaitu pada urutan antara Diisostearyl Malate dan Caprylyl Methicone, serta Talc, Fragrance, Aluminum Hydroxide, dan Triethoxycaprylylsilane

Fungsi dan tingkat keamanan dari masing-masing bahan kandungan ini bisa dilihat melalui halaman cosdna seperti berikut, dengan 1-2 termasuk low hazard, 3-6 termasuk moderate hazard, dan 7-10 termasuk high hazard.

Sumber : http://www.cosdna.com/eng/cosmetic_36ee268518.html
Berdasarkan halaman cosdna, kandungan yang ada di lip cream ini hampir semuanya aman untuk digunakan atau rata-rata termasuk dalam kategori low hazard. Hanya satu kandungan yang termasuk dalam kategori high hazard, yaitu Propylparaben. Ya, lip cream ini tidak paraben freePropylparaben disini berfungsi sebagai pengawet dan membantu menjaga kualitas produk. Namun bisa kita lihat bahwa paraben disini bukan merupakan komposisi utama dan berada di bagian bawah dari daftar bahan kandungan, sehingga bisa dipastikan bahwa konsentrasinya sangat kecil.

Aku sendiri tidak terlalu mempermasalahkan kandungan paraben ini jika digunakan sesuai dengan aturan yang ditentukan. Alasannya karena tidak mungkin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) meloloskan produk dengan bahan kimia yang dapat membahayakan keselamatan konsumen.

Formula
Dengan sedikit perubahan pada persentase penggunaan bahan kandungan seperti yang dijelaskan pada poin sebelumnya, membuat koleksi baru Emina Creamatte ini memiliki formula yang lebih baik dari koleksi sebelumnya. Formulanya tetap terasa ringan saat digunakan di bibir, seolah-olah kita sedang tidak memakai lip cream. Selain itu, lip cream ini mudah untuk diaplikasikan dan memberikan warna yang intens di bibir. Dengan satu kali ulas sudah cukup untuk menutup warna asli bibir.

Setelah diaplikasikan, lip cream ini akan mengering walaupun tidak dalam waktu yang cepat. Untuk hasil akhir yang diberikan adalah matte, namun tidak akan membuat bibir kita menjadi kering. Berbeda dengan keluaran sebelumnya, Emina Creamatte koleksi terbaru ini transferproof walaupun butuh waktu agar lip cream ini benar-benar transferproof dan settle di bibir. Dan tentu saja, hasilnya tidak cracking di bibir.



Staying Power
Emina Creamatte ini bisa bertahan dengan baik di bibirku sekitar 6-7 jam tanpa makan. Semakin lama dipakai, lip cream ini akan semakin menyatu dengan bibir sehingga warnanya terlihat natural.

Lip cream ini akan berkurang daya tahannya jika kita gunakan untuk makan ringan atau berat. Ketika digunakan untuk makan berat, lip cream ini akan memudar terutama di bagian dalam bibir. Sementara di bagian luar bibir biasanya masih akan tersisa. Jadi tidak hilang tanpa bekas sama sekali, tapi masih akan menyisakan bekas di bibir sehingga kita terlihat seperti memakai lip cream tipis-tipis. Lip cream ini akan benar-benar hilang jika bertemu dengan makanan yang berminyak parah atau oil based makeup remover.

Shades
Pada koleksi sebelumnya Emina Creamatte hadir dengan 7 warna. Untuk warna shade pada koleksi baru Emina Crematte ini terdiri dari 8 varian. Kedelapan shade tersebut diantaranya Pumpkin Spice (08), Baby Fox (09), Star Fish (10), Amaze Balls (11), Perky Plum (12), Beet Bites (13), Ginger Ale (14), dan Choco Puff (15).  Delapan warna ini terbagi dalam pilihan warna nude peach, mauve keungungan, dan cokelat. Pilihan warna nude peach terdiri dari rangkaian nomor 8 sampai 10, yaitu Pumpkin Spice, Baby Fox, dan Star Fish. Untuk pilihan warna mauve keunguan terdiri dari rangkaian nomor 11 sampai 13, yaitu Amazedballs, Beet Bites, dan Perky Plum. Sementara untuk penggemar warna cokelat atau untuk kalian yang ingin tampil edgy pasti akan menyukai shade Ginger Ale atau Choco Puff.


Menurutku, masing-masing shade bisa dideskripsikan sebagai berikut:
·   Pumpkin Spice (08),  kombinasi warna nude peach dengan sedikit sentuhan warna cokelat, warnanya lebih muda dari shade Fuzzy Wuzzy 
·   Baby Fox (09), warna peach yang cenderung pale atau muda
·   Star Fish (10), warna coral atau warna hot peach yang lebih menyala dari shade Baby Fox
·   Amaze Balls (11), kombinasi warna mauve dengan sentuhan warna coral
·   Perky Plum (12), kombinasi warna mauve dengan sentuhan warna plum
·   Beet Bites (13), kombinasi antara warna mauve dan warna red wine
·   Ginger Ale (14), kombinasi warna cokelat dan warna mauve, warnanya lebih terang dari shade Choco Puff 
·   Choco Puff (15), kombinasi warna cokelat gelap dengan sedikit sentuhan warna plum 

Warna-warna yang dihadirkan dalam koleksi terbaru Emina Creamatte ini memang benar-benar cantik sehingga akan sulit untuk kita memilih satu shade favorit. Apalagi shadenya cocok untuk digunakan di semua warna kulit, bahkan untuk kalian yang memiliki medium-to-dark skin tone sekalipun.

Sayangnya, aku sendiri kurang cocok dengan shade Baby Fox (09) dan Star Fish (10). Menurutku kedua shade ini terlalu terang untuk orang yang memiliki medium skin tone seperti aku. Kedua shade ini akan jadi favorit kalian yang memilki fair skin tone dan suka dengan tampilan no makeup look karena akan memberikan kesan cerah dan segar. Dari kedelapan warna yang ada, favoritku sendiri secara berurutan adalah shade Perky Plum, Amaze Balls, dan Ginger Ale.



Price
Dulu aku beli lip cream ini di LazMall Emina yang ada di Lazada seharga Rp 47.500 per pcs. Sekarang Emina Creamatte New Shades ini sudah bisa dibeli di counter Emina di seluruh Indonesia.




Weight
5.5 gram

Pros
·   Desain kemasan lucu
·   Formula terasa ringan di bibir
·   Warna yang dihasilkan intens dan matte
·   Tidak membuat bibir kering
·   Transferproof
·   Harga terjangkau

Cons
·   Shade nude (Pumpkin Spice, Baby Fox, dan Starfish) kurang cocok untuk medium-to-dark skin tone

Overall
Aku suka dengan lip cream satu ini karena formulanya yang ringan di bibir seolah-olah tidak sedang menggunakan apapun. Selain itu, lip cream ini mudah diaplikasikan, memiliki pigmentasi yang baik, serta lebih tahan lama karena transferproof. Warna-warna di koleksi baru Emina Creamatte benar-benar cantik dan cocok sekali untuk medium skin tone seperti aku, kecuali shade Baby Fox dan Starfish. Dan pastinya harga lip cream ini tidak membuat kantong jebol karena kita hanya perlu membayar Rp 47.500 untuk 5.5 gram lip cream.


Rating
·   Formula & texture : 4.5/5
·   Staying power & performance : 4/5
·   Price : 4.5/5
·   Design : 4/5

Overall rating: 4.25/5

You Might Also Like

1 komentar

  1. Ini manteb lah... Saya sukaasekaleee... Maksih reviewnya sistaa :* muuuuuuaahh

    ===Ads===
    Jam Buka Alamat bank, alfamart, dan kantor lainnya ada disitu.

    BalasHapus

Thanks for Visiting

Follow Us